Beberapa Tips Merawat Biola

TokoKM.Com – Biola merupakan salah satu alat musik yang mempunyai suara khas yang sangat indah dan merdu. Dari semua alat musik gesek yang ada, biola ini menjadi alat musik yang banyak diminati dan dimainkan oleh kebanyakan orang. Dalam bermain biola ini, Anda tak hanya perlu memperhtikan bagaimana memencet chord pada biola tapi juga harus memperhatikan bagimana cara merawat biola yang harus Anda cermati dan sebisa mungkin Anda lakukan. Perawatan ini penting untuk dilakukan agar biola bisa tetap digunakan dan bisa menghasilkan suara yang tetap indah. Selain itu, perawatan yang baik akan mencegah kerusakan pada biola dan tentunya memperpanjang umur biola itu sendiri.

  1. Merawat Biola dengan Memperhatikan Penyimpanan Biola

Tips merawat biola yang pertama adalah menyimpanya di tempat yang tidak terlalu kering atau panas karena bisa membuat sambungan pada badan biola retak. Selain itu, Anda juga tidak boleh menempatkan biola pada tempat yang terlalu lembab karena biola itu terbuat dari kayu yang bisa berjamur. Maka dari itu, tempatkan biola pada temperatur udara yang pas, tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab. Selain itu, Anda harus mempunyai case atau tas biola yang akan melindungi biola dari berbagai benturan dan kotoran di udara.

 

  1. Merawat Biola dengan Memperhatikan Bow ( Tongkat Gesek Biola)

Tongkat gesek atau Bow ini merupkan bagian dari sebuah biola, tanpa sebuah bow, biola tidak dapat dimainkan. Tips merawat biola yang juga berhubungan dalam hal merawat bow-nya ini dapat dilakukan dengan selalu mengencangkan bow (penggesek senar). Hal ini karena bulu atau rambut pada bow biasanya akan melemas bila tidak digunakan. Bila rambut bow melepas maka tidak akan bisa digunakan untuk memainkan biola dengan baik dan malah merusak biola Anda. Tips selanjutnya adalah Anda harus rahin menggosokkan rambut bow denga rosin (damar). Tujuan dari digosoknya rambut bow ini dengan rosin adalah supaya rambut bow ini menjadi lebih lengket dan mampu mencengkram senar saat biola digesekann.

 

  1. Merawat Biola dengan Memperhatikan Pembersihan Biola itu Sendiri

Tips merawat biola yang selanjutnya adalah dengan pembersihan biola. Dengan Anda rajin membersihkan biola, Anda juga merawat biola tersebut agar tidak cepat rusak dan selalu nyaman untuk dimainnkan. Caranya adalah Anda harus selalu membiasakan membersihkan senar dari sebuk rosin dan juga badan biola dengan kain lebut dan bersih.

 

  1. Merawat Biola dengan Meperhatikan Cara Bermain dengan Benar

Menggunakan dan memaikan biola dengan cara yang benar menjadi salah satu tips merawat biola. Hal itu disebabkan bila Anda salah memaikan dan menggunakan biola, akan bisa membuat biola Anda cepat rusak. Misalnya, Anda bermain biola tapi salah pada posisi pemegangan dan bemain dengan cara yang kasar, pasti akan membuat biola Anda cepat rusak.

 

  1. Merawat Biola dengan Memperhatikan Cara Menyetem Senar

Tips merawat biola yang terakhir adalah dengan enyetem senar biola dengan tepat dan benar. Anda harus bisa menyetem senar biola dengan cara yang benar dan penuh perasaan. Hal ini penting karena bial Anda tidak berhati-hati akan menyebabkan senar Anda putus. Bila Anda menyetem senar terlalu keras juga dapat menyebabkan biola Anda cepat rusak dan bisa bengkok. Maka dari itu Anda harus melakukan penyeteman dengan baik dan cara yang tepat. Jangan terlalu keras dan kasar.

Add Your Comment