Cara Mempelajari Teknik Dasar Saxophone

TokoKM.Com – Dalam mempelajari alat musik saxophone, mempelajari teknik dasar saxophone adalah hal yang sangat penting. Karena dengan mempelajari teknik dasarnya anda bisa lebih mengetahui cara bermain saxophone yang baik dan benar. Saxophone merupakan alat tiup instrumen penting dalam genre musik seperti Jazz atau Ska. Sebagai salah satu alat musik tiup, kekuatan napas sangat penting dalam memainkan saxophone.

Diperlukan juga cara yang benar dalam memainkan saxophone agar suara yang dihasilkan memuaskan. Bagi anda yang baru belajar bermain saxophone anda bisa mencari beberapa informasi tentang teknik dasar saxophone dibeberapa buku atau media online lainnya. Selain itu anda juga bisa menonton beberapa tutorial tentang cara bermain saxophone, sehingga anda bisa lebih mengerti tentang cara bermain saxophone.

Pembelajaran alat musik apa pun itu tentunya harus diawali dengan pengetahuan atau belajar teknik dasar terlebih dahulu. Baiklah, ada beberapa teknis dasar yang harus dikuasai oleh para pemain saxophone, diantaranya yaitu : Saxophone adalah instrumen yang masih tergolong dalam aerophone, single-reed woodwind woodwind instrument. Saxophone biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet.

Saxophone umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer. Untuk itu disini kami akan memberikan beberapa teknik dasar saxophone yang bisa anda coba dirumah.

Teknik Dasar Cara Memainkan Saxophone.

  • Bearting (Penapasan). Saxophone yang merupakan jenis alat musik yang cara membunyikanya ditiup maka teknik pertama yang harus dikuasai adalah teknik meniupnya. Ketika kita sudah dapat memaksimalkan teknik pernapasan dengan baik tentunya saja akan berefek pada kemampuan memainkan alat saxophone dengan baik. Untuk dapat memaikan saxophone dengan baik tentu saja harus melakukan latihan pernapasan yang rutin dan teratur. Untuk mengasilkan tiupan yang baik, seorang saxophonist harus dapat melatih pernapasan dengan menggunakan pernapasan perut (diafragma).

 

Teknik dasar saxophone dalam hal meniup ini digunakan untuk menjaga kestabilan sehingga dapat melakukan control pada saat melakukan tiupan. Sebagai tambahan bahwa dalam paru-paru manusia terdapat dua ruangan ada yang disebut Chest chamber yaitu sisi atau bagian atas paru-paru yang digunakan untuk ketika bernapas dalam kondisi normal (sehari-hari). Dan yang satunya lagi ada yang disebut dengan  abdominal chamber adalah merupakan  bagian di  bawah paru-paru yang mempunyai sebuah ruang yang lebih besar dari pada chest chamber. Bagian ini dikendalikan diafragma .

Nah pernapasan yang diambil dari paru-paru bagian bawah yang digunakan oleh pemain saxophone karena mempunyai kekuatan udara yang lebih  banyak dibandingkan dengan tiupan yang dihasilkan dari chest chamber . untuk pengambilan napas perut (diagframa) memang memerlukan latihan yang rutin dan intensif.

  • Embouchure. Dalam bahasa Perancis embouchure berarti mulut sungai. Teknik ini berguna untuk mengasilkan nada yang baik dan penguasaan mengendalikan saxophone yang baik.

 

Teknik ini menentukan suara nada yang baik atau buruk yang ditentukan oleh penempatan bibir, rahang,  gigi dan otot-otot mulut pada waktu mengalirnya udara lewat mouthpiece. Secara naluriah  atau dengan seringnya latihan sebenarnya kita akan  mendapatkan posisi yang baik untuk  menentukan letak reed di dalam rongga

  • Tongue ( teknik lidah). Merupakan bagian teknik khusus dalam menggunakan lidah kita untuk memberikan atau menghasilkan tekanan-tekanan tertentu melalui aliran udara ke mouthpiece

Dengan mempelajari teknik dasar saxophone membuat anda lebih mudah untuk mempelajari alat musik saxophone lebih dalam lagi. Teknik dasar ini harus terus anda latih secara rutin agar anda dapat memainkan alat musik saxophone dengan baik dan benar.

Bagi anda yang hobby bermain saxophone hal tersebut tentu akan menjadi dasar pengetahuan anda akan alat musik saxophone. Saxophone mampu menghasikan alunan musik yang lembut dan dapat menengkan jiwa. Bagi anda yang sudah mahir dalam mempelajari teknik dasar ini, anda bisa mulai belajar memainkan lagu.

Add Your Comment