Cara Meniup Saxophone yang Baik dan Benar

TokoKM.Com – Saxophone merupakan salah satu alat musik yang banyak digemari masyarakat karena suaranya yang begitu merdu. Alat musik ini sangat digemari oleh masyarakat pecinta musik jazz. Tak hanya jazz, sekarang saxophone iini mulai merambah pada musik pop dan aliran lainnya. Dalam memaikan saxophone ini membutukan tenaga yang besar dalam meniupnya. Anda harus mengetahui cara-cara yang tepat dalam meniup saxophone ini agar tenaga Anda tidak terbuang sia-sia. Hal ini juga penting agar saxophone Anda dapat berbunyi indah dan juga agar tiupan yang Anda hasilkan di Saxophone ini berirama.  Maka dari itu, penting adanya menetahui teknik dan cara dalam meniup saxophone.

  1. Formasi Mulut dalam Meniup Saxophone

Teknik dasar dalam meniup saxophone ini akan mengatur bagaimana formasi bibir, gigi, rahang dan juga otot sekitar mulut. Dalam formasi mulut ini, jangan biarkan gigi dan bibir bagian bawah Anda terlalu menempel. Selain itu jangan sampai bibir bagian bawah Anda itu menekan mouthpiece terlalu keras. Cara meniup saxophone yang disarankan dan yang tepat adalah dengan tetap menyentuh bagian reed atau peniup saxophone. Namun yang perlu diperhatikan agar tidak terlalu menempel dalam menuipnya. Pengetahuan dari formasi mulut ini penting agar suara yang dihasilkan indah serta merdu.

 

  1. Perhatikan Lidah Saat Meniup Saxophone

Dalam meniup saxophone, selain mulut, lidah ini juga mempunyai peran penting. Lindah ini punyai kegunaan untuk memberkan aksen agar dapat memberikan suara melalui mouthpiece. Perlu digarisbawahi bahwa mouthpiece ini diberikan udara alias ditiup maka suara akan keluar. Nah untuk dapat menghasilkan suara yang merdu ini, Anda harus meletakkan ujung lidah Anda pada reed bagian ujung. Untuk percobaan dan latihan, cobalah untuk mengeluarkan kata ”dah” pada saat Anda telah meletakkan lidah Anda bagian ujung pada bagian reed ujung. Cara menuip saxophone yang benar ini tak akan bisa dilakukan bila posisi lidah Anda masih salah.

 

  1. Perhatikan Pernafasan yang Digunakan Saat Meniup Saxophone

Pengunaan pernafasan yang tepat ini menjadi yang terpenting dalam cara meniup saxophone. Anda harus terbiasa dan bisa mengatur pernafasaan Anda agar tetap panjang saat meniup saxophone. Jangan sampai tersengal-sengal atau terputus-putus. Maka dari itu, teknik pernafasan yang digunakan adalah pernafasan diafragma. Kenapa diafragmas? Karena pernafasan dengan diafragma atau perut ini lebih panjang dan kuat dalam menghasilkan nafas. Pernafasan diafragma ini perlu dilatih agar terbiasa. Jangan sampai Anda meniup saxophone menggunakan pernafasan paru-paru karena hasilnya tidak akan bagus.

 

  1. Perhatikan Bentuk Badan dalam Meniup Saxophone

Dalam meniup saxophone ini, Anda disarankan untuk dalam posisi berdiri. Hal itu disebabkan agar pernafasan diafragma untuk meniup saxophone dapat dilakukan secara sempurna. Carilah posisi badan yang paling nyaman agar Anda semakin relax dalam meniup saxophone. Posisi badan atau gestur badan ini tidak boleh disepelekan karena merupakn bagian penting dalam cara meniup saxophone tersebut. Bila tidak diperhatikan, akan berdampak buruk pada pernafasan yang nantinya akan berpengaruh pada suara saxophone.

 

  1. Tips dalam Berlatih Meniup Saxophone

Cara meniup saxophone memang tidaklah mudah, maka dari itu latihan yang rutin dan teratur sangat diperlukan. Selain itu, Anda juga perlu niat dan tekad  yang kuat. Untuk membiasakan meniu saxophone, silahkan Anda berlatih untuk menghasilkan nada-nada berdurasi panjang. Kira-kira berdurasi 4 sampai 6 ketukan. Hal itu akan membiasakan Anda meniup saxophone.

 

Add Your Comment