Ketahui 10 Alat Musik Bambu Indonesia

TokoKM.Com – Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki kekayaan bangsa yang bergama, mulai dari ras, suku, budaya, dan agama. Dari setiap golongan tersebut tentunya memiliki ciri tersendiri, seperti halnya alat musik. Alat musik yang diciptakan warga Indonesia dimaksudkan untuk mencairkan suasana agar lebih hidup dan lebih rileks. Setidaknya terdapat 10 alat musik bambu Indonesia yang sangat terkenal di kalangan warga Indonesia sendiri hingga luar negeri pun juga mengetahui alat musik tersebut. Kenapa bambu? Karena bambu merupakan suatu bahan yang mudah untuk dibentuk, ringan, dan memiliki keawetan dalam jangka yang panjang. Selain itu, pohon bambu juga tumbuh dengan sangat subur di tanah Indonesia ini. Makanya tidak perlu heran jika banyak hal yang bisa dibuat dari pohon bambu tersebut.

 

Dari 10 alat musik bambu Indonesia yang telah terkenal ke berbagai manca negara tersebut, berikut ini akan dipaparkan semua dari 10 alat musik bambu Indonesia tersebut dengan ringkas. Sebagai berikut:

  • Angklung

Merupakan salah satu alat musik Indonesia yang berasal dari jawa barat. Alat musik kebanggaan orang jawa barat ini dimainkan dengan cara digoyang – goyangkan. Alat musik angklung ini juga sudah diakui oleh pihak UNESCO bahwa angklung ini merupakan alat musik asli milik Indonesia.

  • Saluang

Salah satu alat musik lainnya yang merupakan kebanggaan bangsa Indonesia yang berasal dari tanah sumtra barat. Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini menggunakan bahan dasar bambu talang. Ukuran panjang dari alat musik ini adalah sekitar 40 cm sampai dengan 60 cm, dengan menggunakan diameter kurang lebih 3 cm atau 4 cm.

  • Taktok Trieng

Alat musik dari bahan dasar bambu yang berasal dari aceh ini merupakan alat musik yang bisa ditemukan di sekitar daerah kabupaten pidie. Alat musik taktok trieng ini memiliki dua jenis. Yaitu jenis yang biasanya digunakan pada musola dan yang kedua yang biasanya digunakan untuk mengusir burung di sawah – sawah.

  • Gamolan

Alat musik asli Indonesia ini berasal dari tanah lampung. Alat musik ini sekilas mirip dengan gamelan namun yang berbeda adalah alat ini dibuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini memiliki 8 buah bilah bambu yang mewakili tangga nada (do re mi fa so la si do).

  • Rindik

Merupakan salah satu alat musik yang terbuat dari bambu yang berasal dari bali. Alat musik ini memiliki nada layaknya slendro atau gamelan. Biasanya alat musik ini digunakan ketika upacara perkawinan atau pertunjukan joged bumbung.

  • Tatali

Salah satu dari sekian banyaknya alat musik khas di Indonesia ini berasal dari sulawesi tengah. Alat musik tatali ini dimainkan dengan cara di tiup. Ukuran dari alat musik ini kurang lebih 50 cm dan memiliki diameter 2 cm serta terdapat 3 lubang yang digunakan untuk resolusi udara untuk meletakkan jari – jari. Sehingga alat musik tatali ini hanya memiliki 3 nada.

  • Sasando

Salah satu dari 10 alat musik bambu Indonesia yang tak kalah terkenal ini berasal dari nusa tenggara timur. Alat musik sasando ini dimainkan dengan cara dipetik yang sesuai namanya, sasando yang berarti alat yang bergetar dan berbunyi.

  • Pa’pompang

Merupakan alat musik yang berasal dari tanah toraja, sulawesi selatan. Alat musik pa’pompang ini dimainkan dengan cara ditiup.

  • Gong Sebul

Satu lagi dari 10 alat musik bambu Indonesia yang berasal dari yogyakarta. Cara memainkan alat musik gong sebul ini adalah dengan ditiup.

  • Bansi

Merupakan alat musik khas Indonesia yang berasal dari sumatra barat. Alat musik yang ditiup ini memiliki kelebihan daripada alat musik lainnya, yaitu memiliki nada yang terbilang sangat lengkap.


 

Add Your Comment