Mengupas Cara Bermain Saxophone Dasar

TokoKM.Com – Cara bermain saxophone dasar banyak di cari oleh masyarakat pecinta musik. Banyak dari masyarakat yang ingin mempelajari saxophone. Pada perkembanganya alat musik saxophone ini sebelum digunakan pada musik dansa, terlebih dahulu dipoluplerkan lewat iringan musik band-band militer. Kenapa saxophone mengalami perkembangan yang baiik, karena alat musik ini memiliki karakter suara yang nada yang halus, lembut dan mampu mengimbangi riuhnya suara dram dan trompet.

Dengan dilakukanya beberapa penyempurnaan alat musik tiup ini akhirnya setelah 75 tahun mulai akrab dipendengaran para peminat musik jazz. Sehingga keberadaan musik jazz sangat erat dan tak bisa dipisahkan dengan perkembangan alat musik saxophone ini.

Saxophone saat ini populer dimainkan dalam permainan Jazz, beberapa nama pemain saxofon International masa kini yang terkenal adalah Dave Koz, Kenny G, Richard Elliot, Eric Marienthal, Sadao Watanabe,dan Kenny Garrett. Bagi Anda yang berminat untuk belajar musik Saxophone sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu mengenai cara bermain saxophone dasar. Anda bisa mencarinya di beberapa buku atau situs situs online yang bisa anda jadikan referensi. Selain itu anda juga bisa mengikuti kursus musik untuk mempelajari cara bermain saxophone dasar yang lebih baik lagi.

Tingginya minat masyarakat untuk mempelajari alat musik saxophone, membuat para masyarakat sering membicarakannya. Untuk itu disini kami akan membahas beberapa cara bermain saxophone dasar yang mungkin bisa anda pelajari sebagai langkah awal. Berikut ini penjelasan singkat mengenai teknik dasar bermain Saxophone :

  1. Memegang alat musik saxophone harus dilakukan dengan cara yang benar agar jari – jari bisa bergerak dengan leluasa saat menjangkau kunci nada, seperti posisi jari tengah, jari telunjuk, dan jari manis baik tangan kiri maupun kanan harus disesuaikan tepat pada permukaan katup nada. Hal ini digunakan untuk menghasilkan suara yang tepat dari kunci nada.
  2. Pernafasan yang baik adalah dengan menggunakan sistem pernafasan diafragmatis. Hal ini dikarenakan volume udara yang didapat bisa lebih besar dan kuat jika dibandingkan dengan pernafasan paru Anda bisa berlatih secara terus menerus agar bisa bernafas melalui diafragma.
  3. Posisi Bermain saxophone sebaiknya dilakukan dengan sewajar mungkin baik dalam sikap berdiri maupun duduk, jangan terlalu tegang, namun juga jangan terlalu santai. Hal tersebut dapat mempengaruhi sistem pernapasan anda, sehingga bisa saja anda kesulitan untuk bermain saxophone ketika anda salah mengambil posisi saat memainkannya.
  4. Teknik Embosur adalah teknik untuk mengatur posisi bibir dan gigi pada mouthpiece. Bentuk ambosur yang baik adalah dengan meletakkan gigi atas pada bagian atas dari mouthpiece.
  5. Pada alat musik saxophone petunjuk penggunaan kunci nada dan peletakan jari jari tangan akan diberikan petunjuk berupa tanda-tanda huruf, titik dan lingkaran kecil. Sehingga anda harus memperhatikan dengan baik tanda huruf tersebut agar bisa memainkan saxophone dengan baik.
  6. Teknik Peniupan yang digunakan dalam bermain saxophone disebut dengan meniup dengan udara panas, akan tetapi agar menghasilkan suara yang indah dibutuhkan juga dukungan ambosur yang benar serta tenaga yang relatif kuat.

Itulah beberapa cara bermain saxophone dasar yang bisa anda pelajari dirumah. Dengan terus berlatih secara rutin anda pasti akan bisa bermaim saxophone dengan baik dan benar. Setelah anda mempelajari tentang dasar dasar bermain saxophone, anda bisa mencoba untuk memainkan lagu lagu yang mudah terlebih dahulu. Anda bisa membaca kunci nada dan mencoba untuk memainkannya. Anda bisa mengevaluasi cara bermain anda sendiri.

Dengan tekad yang kuat dan latihan secara rutin maka anda akan bisa memainkan saxophone dengan cepat. Jika anda sudah mengerti dasar dasar dari bermain saxophone, anda bisa mulai mengambil kursus musik untuk mempelajari alat musik saxophone secara lebih mendalam.

Add Your Comment