Tips Cara Bermain Drum Dengan Baik Dan Benar

TokoKM.Com –  Drum memiliki pengertian sebuah kumpulan alat perkusi yang terbuat dari kulit atau bisa dari plastik,yang nantinya kita pukul menggunakan kayu atau tangan.  Terdiri dari beberapa jenis yang sudah banyak kita ketahui. Drum bisa kita jumpai dalam beberapa jenis, yaitu misalnya kendang, ashiko, bodhran, timpani, snare drum, tom – tom, bass drum, beduk, dan lain sebagainya. Drum merupakan alat music tertua yang sudah dipergunakan sejak 6000 MS. Seluruh kebudayaan bangsa yang ada di dunia pun sudah mengenal banyak tentang drum. Karena drum juga digunakan sebagai pengiring lagu budaya atau adat setempat. Tidak hanya itu, drum saat ini juga banyak digunakan oleh para musisi sebagai alat pengiring lagu yang dimainkan. bisa dimainkan dalam music pop, rock, jazz atau aliran music lainnya. Drum yang biasa digunakan tentunya terdiri dari beberapa set drum , yaitu snare, tom – tom, bass drum, hi-hat , dan cymbal. Orang yang menabuh atau memainkan drum sering disebut “ Drummer “.

Inilah Beberapa Tips Cara Bermain Drum Dasar Untuk Pemula

  1. Tumpuan Stik Dan Ibujari Tangan

Sekilas memang gampang sekali jika kita lihat cara memegang stick drum, akan tetapi jika kita mengetahui tentang tekhnik untuk memegang stick drum yang benar, itupun membutuhkan waktu dan ketekunan belajar anda yang serius. Karena apabila tekhnik memegang stick dilakukan secara benar maka suara yang di hasilkan ketika kita memukul drum sesuai dengan karakter drum tersebut, dan apabila kita salah dalam tehnik ini suara yang dihasilkan pun tentunya berbeda. Berikut tekhnik memegang stick yang bisa anda terapkan untuk bermain drum :

  1.  Tehnik bebas dan terkontrol
  2. Tehnik menahan tongkat
  3. Tehnik tradisional
  4. Tehnik dengan pergelangan tangan dan lengan
  5. Tehnik mencengkeram
  6. Tehnik pegangan Amerika
  7. Tehnik gabungan
  8. Tehnik fulcrum pinch

 

  1. Posisi Tegak Ketika Duduk

Apa yang dimaksud dengan posisi tegak ini adalah posisi dimana saat anda bermain drum posisi duduk bisa mempengaruhi kualitas bermain drum anda, karena posisi yang kurang rileks dapat mempengaruhi power kita, ataupun kualitas suara dan ketukan yang dihasilkan drum saat kita pukul. Karena cara bermain drum dasar di awali dengan posisi duduk yang baik

  1. Injak Pedal Bass Drum Dengan Baik

Cara bermain drum dasar  berikutnya adalah tehnik penginjakan pedal drum, untuk pedal drum yang merupakan set drum yang biasanya diletakkan di bawah dan untuk membunyikannya juga terbilang unik, karena kita dapat memukul bass drum dengan perantara sebuah pedal yang akan memukul langsung bass drum dengan kencang. Posisi kaki yang tepat akan membuat suara yang dihasilkan oleh bass drum sangat maksimal.

  1. Hi-hat Pengatur Tempo

Dalam bermain drum, hi-hat sangat berperan dan juga berpengaruh besar dalam menemani suara atau music yang sedang di iringi, dengan sentuhan suara bass drum “boom” dan sura “chik” yang pada akhirnya menciptakan sebuah suara yang enak di dengar serta penuh semangat. Dalam cara bermain drum dasar hi-hat bisa kita akses atau biasa digunakan pada kaki kiri, dimana kita bisa membuka atau menutup hi-hat dengan perantara kaki kiri. Karen suara pun akan berubah ubah ketika kita membuka atau menutup hi-hat tersebut.

  1. Mulai Dari Ketukan Dasar

Untuk tahap berikut ini cara bermain drum dasar sudah banyak kita ketahui, karena penjelasan di atas mungkin bisa anda ambil manfaatnya, di tahap selanjutnya untuk pembelajaran ketukan dasar. Apa yang dimaksud dengan ketukan ini adalah kita memainkan drum dengan tempo permainan yang sederhana saja, tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat. Bisa kita iringi juga dengan sebuah lagu yang memiliki tempo ketukan drum yang sederhana. Kemudian kita kolaborasi dengan permainan drum kita, semoga bisa berhasil dan jangan patah semangat untuk tetap belajar drum.

Add Your Comment